Saturday 18 December 2010

contoh rpp dengan model example non example

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Materi pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (satu)

Alokasi waktu : 2 X 35 Menit / 1 kali pertemuan

Hari/Tanggal : Sabtu / 6 November 2010

A. Standar kompetensi

1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps

B. Kompetensi Dasar

1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps

C. Indikator

· Mengidentifikasi arti simbol-simbol /lambang lalu lintas

· Menjelaskan arti simbol-simbol/ lambang lalu lintas

D. Tujuan Pembelajaran

· Siswa dapat mengidentifikasi arti simbol - simbol /lambang lalu lintas

· Siswa dapat menjelaskan tentang arti simbol-simbol/lambang lalu lintas

· Siswa dapat menyebutkan simbol-simbol lalu lintas

E. Materi Pembelajaran

Transfortasi

F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Kooperatif

2. Model : Examples Non Examples

3. Metode : ceramah, tanya jawab dan penugasan

G. Langkah – langkah pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Guru memberi salam

b. Presensi siswa

c. Menyampaikan pembelajaran yang akan dikembangkan

d. Guru menuliskan judul materi yang akan dikembangkan dipapan tulis

e. Guru melakukan apersepsi untuk mengingatkan kembali pemgetahuan dengan metode tanya jawab

f. Memberikan motivasi pada siswa

2. Kegiatan Inti

a. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pmbelajaran

b. Guru menempelkan gambar dipapan atau ditayangkan melalui OHP

c. Guru memberi petunjuk dan kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar

d. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas

e. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya

f. Melalui dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai

g. Melakukan tes dengan LKS

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran

b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapat skor tertinggi

c. Menutup pembelajaran

H. Sumber dan Media Belajar

1. Sumber Belajar

· Buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV, Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya (hal 17 - 19).

2. Media Belajar

· Gambar simbol-simbol

I. Evaluasi

1. Tes tertulis

2. Tes Lisan

J. Soal Tes

1. Bagaimana simbol atau lambang yang menunjukkan kita dilarang untuk berhenti .....

2. Kenapa dijalan sering terjadi kemacetan .....

3. Rambu-rambu lalu lintas digunakan untuk .....

4. Jika kita ingin berpergian naik pesawat kita harus pergi ke .....

5. Pada lampu lalu lintas yang berwarna merah mendakan kita harus .....

I. Flowchart: Connector: PKunci Jawaban

1.





2. Karena berhenti tidak pada tempatnya

3. Mengatur lalu lintas

4. Harus pergi kebandara

5. Menandakan kita harus berhenti

untuk lebih jelasnya silakan klik link berikut : https://pendidikansd89.blogspot.co.id/2016/12/pengertian-model-example-non-example.html Artikel Terkait di Bawah posting

0 Responnnnnnn :

Post a Comment

Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...