Sunday 7 February 2016

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Absensi Sidik Jari (Fingerprint)

Salah satu indikator baik tidaknya kinerja guru dapat dilihat dari kehadirannya di tempat mengajar. Untuk memantaunya, biasanya digunakan daftar presensi atau absensi guru. Belakangan ini tersiar kabar di lingkup pemerintahan Kabupaten Tabalong akan menggunakan presensi/finger print/sidik jari elektronik. Bahkan beberapa hari kemarin sudah ada surat edaran tentang pengadaan fingerprint oleh sekolah (secara swadaya).

Kali ini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan  dari Mesin Absensi Sidik Jari/Fingerprint yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Tapi sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangannya, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu mesin absensi sidik jari.

Mesin absensi sidik jari adalah mesin absensi dengan mendeteksi sidik jari untuk mendata kehadiran karyawan. Sidik jari adalah ciri unik pada bagian tubuh manusia yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Saudara kembar bahkan memiliki bentuk dan sidik jari yang berbeda pula. Karena banyaknya kelemahan mesin absensi manual kemudian penemu teknologi mulai menciptakan mesin absensi yang mendeteksi gambar dan pola sidik jari. Penggunaan jenis mesin absensi sidik jari mulai banyak digunakan sejak tahun 1997

Sebuah sistem absensi dibuat untuk mempermudahkan pendataan kehadiran karyawan. Absensi sidik jari, sistem yang dibuat untuk meminimalisir kecurangan dan meningkatkan kedisiplinan.
Kelebihan dari pada mesin absensi sidik jari ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Data absensi langsung masuk ke komputer, bisa langsung di olah guna pembuatan laporan
  • Penggunaanya yang praktis dan simpel. Karyawan dapat langsung mengabsen dan membuktikan kehadirannya dengan cara menempelkan salah satu jari atau seluruh jari tangannya pada layar/monitor yang telah tersedia pada mesin absensi.
  • Tidak memungkinkan penitipan presensi maupun pemalsuan sidik jari. Baik di palsukan dengan fotokopi sidik jari atau sidik jari tiruan.
  • Harga yang relatif lebih murah di banding sistem absensi biomterik bahkan sistem absensi dengan kartu atau kertas lainnya.
  • 6.Meningkatkan produktifitas suatu lembaga, menjadi pemicu karyawan untuk hadir tepat waktu dan kehadirannya tidak fiktif.
  • Mesin absensi sidik jari dapat menampung kapasitas data yang sangat besar. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu lagi pengunaan kartu absensi manual yang memakan banyak biaya.
Sedangkan Kekurangan dari mesin absensi sidik jari ini adalah :
Pada umumnya, mesin absensi sidik jari memiliki kekurangan pada proses pendeteksian dan pendataan sidik jari karyawan tersebut. Mesin jenis ini cenderung mengalami error atau proses yang lambat apalagi jika sidik jari yang sedang dideteksi dalam kotor, basah, atau berkeringat. Dengan kata lain, mesin absensi fingerprint sangat sensitif. Error atau masalah seperti ini bisa saja membawa dampak buruk pada kondisi mesin itu sendiri maupun produktivitas perusahaan (karena lambatnya pemrosesan absensi karyawan).
Sistem mesin absensi sidik jari memerlukan proses registrasi atau pendataan terlebih dahulu. Pada saat proses scan sidik jari data akan dimasukkan ke dalam sistem beserta identitas karyawan lainnya seperti nomor dan nama. Setelah proses registrasi, mesin telah dapat digunakan untuk absensi karyawan cukup dengan menempelkan jari yang digunakan pada saat registrasi pada layar scan yang telah tersedia. Selanjutnya software absensi karyawan pada mesin tersebut akan memproses dan menyimpan data. Output data dapat dilihat dengan menggunakan komputer oleh bagian HRD untuk memantau absensi karyawan.

kiranya cukup sekian dulu yang dapat kami share pada kesempatan ini, berhubung di tempat kami belum menggunangan fingerprint, kami belum bisa menshare kelebihan dan kekurangan absensi dengan menggunakan fingerprint tersebut. Semoga program-program tersebut bisa terealisasi dan bermanfaat bagi dunia pendidikan umumnya pemerintahan Kabupaten Tabalong. Amien...
Artikel Terkait di Bawah posting

0 Responnnnnnn :

Post a Comment

Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...