Monday 8 February 2016

"Program Sertifikasi Guru" Perlu atau Tidak?

Beberapa tahun terakhir sedang gencar-gencarnya pemerintah melaksanakan salah satu programnya, yaitu "sertifikasi guru". Setiap guru pasti menginginkan untuk mendapatkan sertifikasi (termasuk penulis ^^) karena dari apa yang sudah kita ketahui apabila kita mendapatkan tunjangan sertifikasi otomatis kita akan menerima gaji ++. oleh karena itu, langkah-langkah untuk mendapatkannya pun susah-susah gampang karena kita harus mencukupi syarat-syarat yang diminta.

Program ini sesungguhnya tuntutan yang diamanatkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang mewajibkan seluruh guru disertifikasi dan diharapkan tuntas sebelum 2015. Upaya ini semata-mata dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan nasional secara keseluruhan.

Berdasarkan anggaran dan kuota program sertifikasi guru, pemerintah sangat serius terhadap pengembangan profesi guru. Persoalannya sekarang, apakah sertifikasi guru semacam itu akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan? Bagaimana memantau kinerja guru yang sudah tersertifikasi agar mampu memberikan nilai tambah buat kemajuan dunia pendidikan? Kalau memang nyata-nyata ditemukan sejumlah fakta bahwa sertifikasi guru tidak memberikan imbas positif terhadap kemajuan dunia pendidikan, perlukah sertifikasi dikaji ulang? Kalau memang perlu dikaji ulang, adakah upaya lain yang bisa dilakukan agar peningkatan kesejahteraan guru memberikan imbas positif terhadap kemajuan dunia pendidikan?

Pada akhirnya kita akui bersama bahwa tunjangan profesi yang diberikan kepada guru yang lulus sertifikas sangat berarti untuk meningkatkan kesejahteraan para guru. Namun yang paling penting adalah bagaimana guru terus merefleksikan dirinya bahwa tunjangan tersebut adalah untuk menjadikan guru lebih profesional bukan untuk kepentingan konsumtif dan bergaya hidup hedonis.Dengan demikian bila kinerja guru sudah baik maka pendidikan yang bermutu tinggal tunggu waktu saja.

Terakhir sebagai hiburan mari kita sama-sama menonton video komedi di samping ini tentang sertifikasi guru.

sumber : http://www.ybhk.or.id/artikel/tunjangan-sertifikasi-dan-kinerja-guru/

Artikel Terkait di Bawah posting

0 Responnnnnnn :

Post a Comment

Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...