Wednesday 9 February 2011

wow...!!! kelelawar ilhami teknologi penginderaan

Alam sekitar merupakan gudang inspirasi bagi siapa saja yang peka mengenalinya. Demikian juga halnya dengan kelelawar yang mengilhami para ilmuwan mengembangkan teknologi penginderaan terbaru untuk robot dan kendaraan tanpa awak.
Nah sekarang ardie mau menjabarkan sedikit tentang binatang kelelawar tersebut, baca dengan baik yaa,,,,
kelelawar adalah binatang yan aktif mencari mangsa pada malam hari. Kelelawar, biasa memanfaatkan echolocation dalam mencari mangsa dan bernavigasi. Ini jadi satu poin penting yang disorot para ilmuwan. Echolocation atau disebut juga biosonar, adalah sonar biologis yang bekerja seperti sensor untuk membantu hewan mengenali kondisi di sekelilingnya. para ilmuwan juga menemukan bukti bahwa kelelawar bisa menyimpan dan menghitung informasi penginderaan yang diterima dengan cepat.

"Tak hanya itu, telinga kelelawar pun sangat menakjubkan. Bagian ini secara khusus dirancang untuk menangkap suara dan getaran di udara. Dengan meniru geometri fitur seperti ini akan sangat bermanfaat bagi sistem penerbangan otomatis," kata Rolf Mueller, asisten profesor bidang mekanik di Virginia Tech.

Kebanyakan sistem otomatis seperti robot memiliki laser, sonar atau kamera video yang bisa mengantarkan sejumlah besar data berbentuk dua atau tiga dimensi, sehingga membantu robot atau pesawat tanpa awak bisa mengindera posisi mereka dan mengetahui adanya rintangan yang harus mereka hadapi.

Namun terkadang, ada banyak informasi yang bisa memberatkan kerja sistem robot yang kapasitasnya terbatas. Hebatnya kelelawar, bisa menghitung semua input yang diterimanya dengan sangat cepat.

sumber : detiknet.com Artikel Terkait di Bawah posting

0 Responnnnnnn :

Post a Comment

Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...