Thursday, 4 November 2010

teori belajar dan pembelajaran

TEORI BELAJAR dan PEMBELAJARAN

1. PENGERTAN BELAJAR dan PEMBELAJARAN

Sebagian orang berpendapat bahwa Belajar adalah semata - mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta - fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Disamping itu menurut konsep skeener bahwa Belajar adalah proses beradaptasi atau menyesuaikan tingkah laku yang berlangsung secara prograsif.


Chaplin juga berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman.

Hitzman juga berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme(manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.Selain itu Belajar adal key term (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.

Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik. pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum.

Melihat pentingsa arti kata sebuah belajar seyogyanga seorang guru harus melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut psikologis yang utuh dan menyeluruh. Sehubungan dengan hal itu, seorang siswa yang menempuh proses belajar idwalnya ditandai dengan munculnya pengalaman - pengalaman psikologis yang baru . Pengalam ini diharapkan dapat mengembangkan aneka ragam sifat, siakp dan kecakapan yang konstruktif dan bukan kecakapan yang destruktif(buruk). Untuk mencapai hasil belajar yang ideal sepert diatas kemampuan peserta didik dalam membimbing belajar sisiwa mutlak sengat berpengaruh besar. Dalam hal itu, perlu untuk mengetahui teori teori dalam belajar. Artikel Terkait di Bawah posting

0 Responnnnnnn :

Post a Comment

Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...