Thursday, 20 January 2011

apa itu pendekatan kooperatif?

Menurut Anita Lie (2003:6) pembelajaran kooperatif yang diistilahkan dengan pembelajaran gotong-royong merupakan sistem pengajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas terstruktur. Bentuk pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah hubungan kerjasama antarsiswa dalam suatu kelompok belajar untuk mengkaji atau menyelesaikan tugas terhadap permasalahan dan fenomena di sekitar siswa.
Widowati (2001) menjelaskan bahwa, pembelajaran kooperatif adalah salah satu strategi pembelajaran yang saat ini sedang dikembangkan. Pendekatan pembelajaran kooperatif menekankan siswa tidak hanya dituntut secara pribadi tapi juga diharapkan aktif dalam kelompok belajar, karena salah satu aspek penting dalam pembelajaran kooperatif ialah bahwa di samping pembelajaran kooperatif membantu mengembangkan tingkah laku kooperatif dan hubungan yang lebih baik diantara siswa.
Strategi pembelajaran kooperatif dapat digunakan secara efektif pada setiap tingkatan kelas, untuk mengajarkan berbagai materi dari keterampilan dasar matematika, masalah sosial, bidang teknik sampai pemecahan masalah. Menurut Johnson & Johnson (Lie, 2003) dengan strategi pembelajaran kooperatif peserta didik dapat mencapai hasil belajar secara maksimal, sehingga anggota kelompok mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses dalam belajar.
Tujuan dari penerapan model kooperatif ini adalah penggunaan tipe mengajar yang mampu membangkitkan aktivitas belajar siswa dalam bekerja sama, salah satu tipe itu adalah Numbered Heads Togteher (NHT) atau kepala bernomor. Pemikiran dasar dari tipe numbered heads together ini adalah metode belajar di mana siswa bekerja dalam kelompok dengan anggota memiliki nomor masing-masing. Guru memberi tugas kelompok dan hasil tugas kelompok disajikan oleh anggota yang ditunjuk sesuai sebutan nomornya (Ekowati, 2001: 3).
Widowati (2001) menjelaskan bahwa, pembelajaran kooperatif adalah salah satu strategi pembelajaran yang saat ini sedang dikembangkan. Pendekatan pembelajaran kooperatif menekankan siswa tidak hanya dituntut secara pribadi tapi juga diharapkan aktif dalam kelompok belajar, karena salah satu aspek penting dalam pembelajaran kooperatif ialah bahwa di samping pembelajaran kooperatif membantu mengembangkan tingkah laku kooperatif dan hubungan yang lebih baik diantara siswa, pembelajaran kooperatif secara bersamaan membantu siswa dalam pembelajaran akademis. Artikel Terkait di Bawah posting

0 Responnnnnnn :

Post a Comment

Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...