1. Evaluasi dalam pembelajaran menulis di kelas I
Pembelajaran menulis di kelas I dan kelas II merupakan pembelajarn menulis tahap awal atau menulis permulaan. Adapun tujuan pembelajaran menulis di kelas I, seperti tercantum dalam GBPP bahasa Indonesia, kurikulun SD 1994 ialah sebagai berikut :
1. Siswa mampu menuliskan kata – kata dan kalimat sederhana.
2. Siswa mampu menuliskan kegiatan sehari – hari dengan kalimat – kalimat sederhana.
3. Siswa mampu menceritakan dan menulis tentang benda – benda yang dikenal di sekitarnya dengan kalimat sederhana.
Untuk mengevaluasi tingkat ketercapaian tujuan pertama, data dapat disaring melalui :
1. Dikte : (a) Siswa diminta menuliskan kata – kata yang didektikan guru.
(b) Siswa diminta menuliskan kalimat – kalimat sederhana yang didektikan guru.
Perlu diperhatikan penggunaan huruf capital pada awal kalimat, nama tuhan, agama, nama orang, serta tanda titik pada akhir klimat.
2. Tugas : (a) Siswa diberi tugas untuk menuliskan nama – nama binatang, bunga, kendaraan atau benda – benda di dalam gambar yang ditunjukkan guru.
(b) Siswa diminta menuliskan kalimat sesuai dengan gambar tang ditunjukkan guru.
Dalam hal ini penggunaan huruf capital pada awal dan tanda baca titik pada akhir kalimat perlu diperhatikan. Demikian pula kesesuaian isi kalimat dengan gambar.
Untuk melaksakan dikte, guru perlu memilih kata – kata dan kalimat sederhana yang akan didektikan, dengan memperhatikan tema, subtema, dan tujuan pembelajaran khusus, sedang untuk melaksanakan penugasan butir pertama dan ketiga guru perlu menyiapkan gambar – gambar sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran.
2. Evaluasi dalam pembelajaran menulis di kelas II
Tujan pembelajaran menulis di kelas II merupakan kelanjutan yang harus dicapai di kelas I. untuk peningkatan, pada tujuan kelas II dicantumkan tujuan yang lebih mendekati penggunaan secara praktis, yakni penggunaan pragmatic. Sehubungan dengan hal itu maka rumusan tujuan untuk kelas II, dicantumkan tujuan berikut : “Siswa mampu menuliskan pesan, perasaan, dan keinginannya”.
Tingkat ketercapaian tujuan tersebut dapat dievaluasi dengan pemberian tugas membuat kalimat – kalimat sederhana untuk menyatakan perasaan, pesan, keinginan, atau dapat juga siswa diminta membuat\menuliskan suatu dialog dengan kalimat dan isi sesuai dengan kemampuan anak. Artikel Terkait di Bawah posting
0 Responnnnnnn :
Post a Comment
Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^