Program ini sesungguhnya tuntutan yang diamanatkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang mewajibkan seluruh guru disertifikasi dan diharapkan tuntas sebelum 2015. Upaya ini semata-mata dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan nasional secara keseluruhan.
Berdasarkan anggaran dan kuota program
sertifikasi guru, pemerintah sangat
serius terhadap pengembangan profesi guru. Persoalannya sekarang, apakah
sertifikasi guru semacam itu akan memberikan dampak positif terhadap
kemajuan dunia pendidikan? Bagaimana memantau kinerja guru yang sudah
tersertifikasi agar mampu memberikan nilai tambah buat kemajuan dunia
pendidikan? Kalau memang nyata-nyata ditemukan sejumlah fakta bahwa
sertifikasi guru tidak memberikan imbas positif terhadap kemajuan dunia
pendidikan, perlukah sertifikasi dikaji ulang? Kalau memang perlu dikaji
ulang, adakah upaya lain yang bisa dilakukan agar peningkatan
kesejahteraan guru memberikan imbas positif terhadap kemajuan dunia
pendidikan?
Pada akhirnya kita akui
bersama bahwa tunjangan profesi yang diberikan kepada guru yang lulus
sertifikas sangat berarti untuk meningkatkan kesejahteraan para guru.
Namun yang paling penting adalah bagaimana guru terus merefleksikan
dirinya bahwa tunjangan tersebut adalah untuk menjadikan guru lebih
profesional bukan untuk kepentingan konsumtif dan bergaya hidup
hedonis.Dengan demikian bila kinerja guru sudah baik maka pendidikan
yang bermutu tinggal tunggu waktu saja.
Terakhir sebagai hiburan mari kita sama-sama menonton video komedi di samping ini tentang sertifikasi guru.
sumber : http://www.ybhk.or.id/artikel/tunjangan-sertifikasi-dan-kinerja-guru/
Artikel Terkait di Bawah posting
pendidikan
- EFEKTIFKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITERAPKAN DI SEKOLAH DASAR?
- ALASAN BENCANA MENURUT ISLAM
- Bentuk-Bentuk Interaksi
- Pendidikan IPS di Sekolah Dasar
- Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Global
- PENDEKATAN KONSTEKTUAL
- MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN
- Macam-Macam Pendekatan dalam Pembelajaran
- STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI
- Karya Sastra dan Dunia Anak-anak
- SUMBER-SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Peran Seorang Guru
- Pengertian Fantasi
- Kewibawaan Guru untuk Kedisiplinan Siswa
- Mengupas Film '3 Idiot' Tentang Sistem Pendidikan
- Bagaimana peran Komunikasi sebagai Penafsir Pesan
- beberapa pengertian tari, seni tari, sendra tari dan drama tari
- Teknik pembelajaran Numbered Heads Together
- Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
- apa itu proses pembelajaran dan apa2 saja yang menyangkut perencanaan pembeljaran
- KETERAMPILAN MENJELASKAN
- KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
- KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
- Model Pembelajaran Number head together (NHT)
pengetahuan
- EFEKTIFKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITERAPKAN DI SEKOLAH DASAR?
- Kelebihan dan Kekurangan Mesin Absensi Sidik Jari (Fingerprint)
- ALASAN BENCANA MENURUT ISLAM
- Bentuk-Bentuk Interaksi
- Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Global
- MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN
- Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
- Macam-Macam Pendekatan dalam Pembelajaran
- SUMBER-SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Apakah Ada Nabi Setelah Nabi Muhammad SAW?
- Peran Seorang Guru
- Pengertian Fantasi
- Benarkah Majapahit Adalah Kerajaan Islam?
- Kisah Masjid Dibangun Satu Malam
- Pandangan Pemikir Muslim Jepang Tentang Islam, Mesir & Barat
- Mengupas Film '3 Idiot' Tentang Sistem Pendidikan
- Cuaca yang Sangat Tidak Wajar
- Bagaimana peran Komunikasi sebagai Penafsir Pesan
- Dasyatnya TSUNAMI MATAHARI
- Kisah lahirnya INTERNET
- 32 fakta tentang ISRAEL yang belum terpublikasi
- Internetan lebih mudah dengan Mobile Data Monitoring Application (MDMA)
- ternyata manusia lebih bau dibanding hewan
- wow...!!! kelelawar ilhami teknologi penginderaan
0 Responnnnnnn :
Post a Comment
Silakan anda berikan saran atau komentar untuk membangun blog haur gading menjadi lebih baik,, ^^